Selasa, 22 Oktober 2013

FUNGSI UTAMA SISTEM-SISTEM KOMPUTER


CPU /  PROCESSORS
CPU: singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

CHIPSET
berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya. Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi.
SOCKET
Socket adalah sebuah Class yang disediakan oleh beberapa bahasa pemrograman. Dengan socket, sebuah aplikasi di suatu komputer dapat Tentu saja aplikasi di komputer yang dihubungi menerima koneksi juga
menggunakan socket. Dengan kata lain socket adalah suatu Class yang digunakan oleh aplikasi untuk saling berhubungan.

MOTHERBOARD
merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. 
HARD DRIVE DISK (HDD)
sebagai media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system itu sendiri seperti windows, linux, macintos dll.
NETWORK CARD
Kartu jaringan atau disebut dengan NIC ( Network Interface Card) atau LAN Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungi antar computer.
GRAPHICS
Fungsi yang ditawarkan oleh kartu memori kebanyakan seperti rendering percepatan adegan 3G dan grafis 2D, TV output, MPEG-2/MPEG-4 decoding, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor.
PERIPHERAL
Hardware tambahan yang disambungkan e computer, biasanya dengan bantuan kabel. Peripheral ini bertugas membantu computer menyelesaikan tugas yang tak dapat diselesaikan oleh hardware yang sudah terpasang di dalam casing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar