Selasa, 24 September 2013

FARMASETIKA DASAR

 


 Pengertian ilmu yang terdapat dalam kamus Bahasa Indonesia adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu (Admojo, 1998).
Ilmu pada dasarnya adalah pengetahuan tentang sesuatu hal atau fenomena, baik yang menyangkut alam atau sosial (kehidupan masyarakat), yang diperoleh manusia melalui proses berfikir. Itu artinya bahwa setiap ilmu merupakan pengetahun tentang sesuatu yang menjadi objek kajian dari ilmu terkait.
Ilmu merupakan salah satu kebutuhan yang begitu penting untuk manusia. Mengapa ilmu itu penting ? Ilmu penting bagi kita karena tanpa dibekali ilmu manusia tidak akan pernah sukses. Ilmu bekal kita dalam menggapai cita-cita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ““Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh”. Maka dari itu ilmu sangatlah penting dalam kehidupan manusia agar bisa menyelesaikan semua permasalahan yang ada dihadapannya.
Dalam makalah ini kami akan membahas ilmu yang berhubungan dengan farmasi. Didalam bidang farmasi kita akan mempelajari ilmu-ilmu yang diterapkan dalam farmasi seperti farmakologi, kimia farmasi, farmasetika, teknologi farmasi, dispensa farmasi, fisika farmasi, biofarmasetika, farmasi klinik, biologi farmasi, administrasi farmasi.
Farmasi adalah ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik, memformulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, serta menstandarkan obat dan pengobatarrjuga sifat-sifat obat beserta pendistribusian dan penggunaannya secara aman. Farmasi dalam bahasa Yunani (Greek) disebut farmakon yang berarti medika atau obat.
Profesi farmasi merupakan profesi yang berhubungan dengan seni dan ilmu dalam hal penyediaan dan pengolahan bahan sumber alam serta bahan sintetis yang cocok dan menyenangkan untuk didistribusikan serta digunakan dalam pengobatan dan pencegahan suatu penyakit.
Kita telah mengetahui profesi farmasi, yaitu dalam bidang farmasi kita akan berhubungan langsung dengan obat, dari pengolahan obat, pendistribusian obat, penyedia obata. Dalam makalah ini kami mengangkat judul ‘ILMU FARMASETIKA DASAR’ sebagai awal pembelajaran kami dalam dibidang farmasi. Kita perlu mendalami ilmu farmasetika karena farmasetika adalah ilmu dasar dalam mempelajari bidang farmasi, agar nanti dalam proses pembelajaran dalam bidang farmasi tidak mengalami kesulitan.
Farmasetika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat—meliputi pengumpulan, pengenalan, pengawetan, dan pembakuan bahan obat-obatan; seni peracikan obat; serta pembuatan sediaan farmasi—menjadi bentuk tertentu hingga siap digunakan sebagai obat; serta perkembangan obat yang meliputi ilmu dan teknologi pembuatan obat dalam bentuk sediaan yang dapat digunakan dan diberikan kepada pasien.
Jadi, setiap mahasiswa yang mengggeluti bidang farmasi diwajibkan mempelajari dan mendalami ilmu farmasetika. Karena didalam ilmu farmasetikalah kita telah mempelajari dasar-dasar farmasi. Kita dianjurkan mempelajari tentang sejarah farmasi, sediaan-sediaan farmasi, singkatan-singkatan dalam farmasi, penulisan resep.
 
Sumber :  http://mamadtbooy.blogspot.com/2012/11/ilmu-farmasetika-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar